Parenting

5 Cara Membangun Karakter Anak Pemalu Menjadi Lebih Berani

5 Cara Membangun Karakter Anak Pemalu Menjadi Lebih Berani

Tidak semua anak tumbuh memiliki keberanian dan siap mencoba hal-hal baru. Sebagian dari mereka bisa saja kesulitan adaptasi dan lebih pemalu dibandingkan anak lain. Dalam menghadapi situasi baru, anak bisa saja menjadi lebih pendiam sehingga menurunkan rasa percaya diri. Penting sekali membangun karakter anak yang lebih pemalu menjadi berani dan siap mencoba hal baru di sekitar.

Cara membangun karakter

Sebagai orangtua yang ingin anak berkembang lebih baik dari segi fisik, mental dan emosional, ada baiknya Anda memberikan dukungan dan motivasi lebih tinggi. Simak beberapa cara membangun karakter anak yang pemalu menjadi lebih berani berikut!

1. Ajak anak menceritakan apa saja yang dialami

Bila anak berani berbicara pada orangtua tentang apa saja yang ia alami, maka Anda bisa memberikan dukungan atau solusi pada anak yang pemalu menghadapi hal-hal baru. Apa saja yang membuat ia merasa malu bisa didiskusikan bersama orangtua sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang berani melawan rasa malu tersebut.

2. Hindari menyebut anak pemalu

Supaya anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani, maka hindari menyebut anak sebagai anak yang pemalu. Meskipun ia memang pemalu, tetapi semangat dan motivasi lewat kata bisa membuat anak tersugesti lebih positif. Ia meyakini bahwa dirinya anak yang beraniĀ  lewat dorongan semangat tersebut.

3. Ajak anak berinteraksi sosial

Anak yang pendiam dan pemalu harus ditempatkan di lingkungan sosial yang bisa mendukung keberanian diri mereka. Ajak anak berinteraksi sosial dengan teman-teman sebaya, teman di sekolah atau tempat publik yang acap membuat ia merasa malu dan tidak berani menyatakan pendapat.

4. Membangun rasa percaya diri

Cara membangun rasa percaya diri dengan meyakinkan anak bahwa ia punya kemampuan dalam diri. Ajarkan cara bersikap ramah, mencoba hal-hal baru, melakukan olahraga bersama, atau memberikan ruang untuk anak mengekspresikan diri dengan baik. Sebagai orangtua yang baik, Anda hanya perlu memberikan fasilitas yang mendukung pengembangan potensi tersebut.

5. Memberikan pujian

Pujian tidak selalu melenakan, tetapi bisa mendorong semangat anak untuk tampil lebih percaya diri. Jangan memarahi anak di depan umum sebab bisa meruntuhkan rasa percaya dirinya atau berikan pengertian dengan bahasa anak-anak yang mudah dipahami, ya! Berikan pujian demi anak tahu bahwa ia telah melakukan hal yang baik sehingga mendapatkan apresiasi, alih-alih kemarahan orangtua.

Tidak ada yang instan dalam menghilangkan sikap pemalu si kecil, tetapi Anda wajib menerapkannya dari lingkungan keluarga lebih dulu. Keluarga yang selalu memberikan dukungan dan motivasi akan membuat semangat si kecil lebih terlecut lagi. Cara membangun karakter anak yang positif akan berdampak pada prestasi dan kepribadian yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.