Others

Cara Mengolah Limbah Kotoran Ternak Sapi Menjadi Biogas

Cara Mengolah Limbah Kotoran Ternak Sapi Menjadi Biogas

Limbah kotoran berupa feses ataupun sapi bisa di bilang menjadi salah satu limbah yang sangat banyak di hasilkan di antara ternak-ternak lainya seperti kambing ataupun ayam. Apabila terjadi penumpukan limbah dalam jumlah yang sudah berlebihan tentunya limbah ternak tersebut bisa menjadi berbahaya bagi manusia. Meskipun limbah sapi bisa di jadikan pupuk organik terkadang proses produksi limbah jauh lebih cepat di bandingkan dengan proses pembuatan serta penggunaan pupuk tersebut. Limbah yang berlebihan bisa di anggap berbahaya karena mengadung beberapa zat berbahaya bagi manusia di antaranya gas metan, hidrogen sulfida, amonia dan karbondioksida yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH) merupakan badan riset kesehatan yang berasal dari negeri paman syam atau Amerika Serikat menyatakan bahkan konsentrasi miximun dari amonia itu sebanyak 25 ppm. Apabila melebihi angka tersebut bisa berakibat pada iritasi pada mana, ganguan pernapasa dan masalah pada paru-paru.

Tapi untungnya saat ini mengolah limbah jadi berkah terutama limbah sapi bari rumah tangga. Pasalnya selain menjadi limbah sapi menjad pupu kandang ternyata terdapat alternatif lain mengolahnya yaitu menjadi limbah sapi sebagai biogas. Dengan sistem anaerob atau sistem kedap udara maka limbah sapi akan menghasilkan gas yang aman terbuat dari limbah kotoran sapi, selain itu bisa juga dari kotoran manusia hingga kotoran yang berasal dari limbah rumah tangga.

Jauh sebelum di perkenalkan di Indonesia Biogas sudah lebih dahulu populer di Inggris, Amerika Serikat dan Rusia. Selain kotoran yang sudah di sebutkan sebelumnya, kotoran ayam ternyata juga bisa di gunakan sebagai biogas.

Proses Biogas sebenarnya tidaklah serumit yang di bayangkan, berikut ini informasi terkait bagaimana mengolah kotoran sapi dan unggas menjadi biogas yang sehat di kantong dan aman.

  1. Langkah pertama adalah mencampur kotoran sap, manusia atau unggas dengan air tentunya harus menggunakan perbandingan sedangkan perbandingakan yang di gunakan 1:1 pada bak yang di gunakan untuk menampung limbah.
  2. Langkah selanjutnya adalah memasukan lumpur yang sebelumnya di buat dengan perbandingan 1:1 kedalam penampung yaitu gester melalui lubang yang di sediakan. Pada awal pengisian sebaiknya kran yang terdapat di bagian atas harus di buka terlebih dahulu agar proses menjadi lebih mudah.
  3. Gunakan 1 Liter rumen sebagai alternatif kotoran sapi.
  4. Setelah gas sudah berhasil terisi pertama kali buang dulu gas yang sudah ada karena mengadung CO2 di satu hari pertama lalu hari selanjutnya sudah bisa di gunakan secara umum.
  5. Biogas biasanya membutuhkan waktu 14 hari hingga prosesnya benar-benar jadi

Sekarang anda seharus tidak terlalu pusing terkair masalah limbah sapi karena sekarang sudah bisa di djadikan biogas.