Others

MEMILIH MAKANAN KUCING PERSIA TAK BOLEH SEMBARANGAN, ADA YANG HARUS DIHINDARI

MEMILIH MAKANAN KUCING PERSIA TAK BOLEH SEMBARANGAN, ADA YANG HARUS DIHINDARI

Jika Anda memelihara kucing persia, itu merupakan pilihan yang tepat. Kucing yang pertama kali ditemukan pada tahun 1684 SM di Persia ini memiliki karakter yang manis, lembut, dan penyayang. Namun, kucing ini juga terkenal dengan kecuekannya.

Kucing Persia adalah kucing yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan juga mudah bergaul. Tak heran jika kucing ini merupakan kucing terpopuler untuk dipelihara. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah.

Tak sulit untuk menemukan makanan kucing persia. Namun, Anda juga harus hati-hati sebab tidak semua makanan baik dikonsumsi oleh kucing persia. Tentu Anda tidak ingin kucing persia Anda tidak sehat atau bulu lembutnya rusak, bukan?

Anda tak perlu khawatir, di bawah ini akan saya jelaskan makanan apa yang harus dihindari kucing persia.

Langsung saya simak penjelasan di bawah ini.

Sebagai kucing yang memiliki bulu lebat dan indah, makanan tak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetapi juga keindahan bulunya. Namun, makanan yang salah juga dapat menyebabkan kerusakan pada bulunya bahkan bisa menyebabkan penyakit.

Berikut makanan yang sebaiknya dihindari oleh kucing persia

  1. Coklat

CoklatĀ  mungkin tidak berbaya bagi manusia, tapi bagi kucing persia ini bisa menjadi ancaman. Coklat memiliki kandungan theobromine. Bagi kucing persia zat tersebut menyebabkan sakit perut, menggaggu saraf, fungsi jantung, dan kerja otot. Selain itu, ada pula kandungan methylxanthines yang dapat menimbulkan muntah dan diare.

  1. Kacang

Hindarkan kacang-kacangan dari kucing persia Anda. Kacang dapat membuat muntah dan diare, serta membuat kucing menjadi tremor dan nyeri sendi dalam jangka panjang.

  1. Nasi

Di lingkungan sekitar kita mungkin kita sering melihat orang memberi makan kucingnya dengan nasi. Justru hal tersebut dapat membuat kucing menjadi obesitas. Hal ini dikarenakan nasi mengandung banyak karbohidrat kompleks yang sulit dicerna oleh kucing.

  1. Telur Mentah

Telur mentah dapat merusak bulu indah pada kucing Persia. Meskipun mengandung protein tinggi alangkah baiknya untuk menghindari telur mentah bagi kucing persia.

  1. Alpukat

Meskipun alpukat merupakan buah yang dinilai memberikan banyak manfaat bagi manusia karena kandungan vitaminnya yang kompleks. Tidak serta merta alpukat baik untuk kucing persia.

Biji alpukat mengandung zat persine yang mengandung racun dan dapat menganggu sistem pencernaannya. Jangan sampai mencampur alpukat pada makanan kucing persia Anda.

  1. Anggur dan Kismis

Anggur merupakan salah satu buah yang disukai manusia dan juga harganya cukup mahal di pasaran. Namun, jangan berikan pada kucing persia karena mahalnya, sebab buah anggur dan kismis dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare.

  1. Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol juga mengandung methylanthines yang memicu muntah dan diare. Sehingga makanan yang mengandung kafein dan alkohol tak layak untuk menjadi makanan kucing persia

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Hampir seluruh masakan Indonesia pasti menggunakan bawang sebagai penyedapnya. Usahakan untuk tidak memberikan makanan sisa makanan pada kucing persia. Karena kandungan bawang yang kemungkinan ada di dalam masakan mengandung zat tiosulfat.

Zat tiosulfat dapat membuat mual, sesak napas, muntah, dan diare karena sel darah merah kucing rusak oleh zat tersebut.

  1. Xylitol

Xylitol umumnya ditemukan pada past gigi dan obat pembersih mulut. Zat ini berbahaya karena mengakibatkan penuruan kadar gula dan kerusakan hati. Jangan sampai kucing Anda bermain-main dengan pasta gigi.

  1. Susu untuk manusia

Seperti kita ketahui, sudah biasa kucing diberi susu. Namun, susu kucing dan manusia berbeda. Susu kucing harus bebas gula dan latosa. Zat tersebut bisa menganggu saluran pencernaan. Jadi, belikan susu khusus untuk kucing Anda.

Itulah makanan yang harus dihindari dan berbahaya bagi kucing persia. Jangan sampai kucing persia Anda bermain-main atau bahkan sampai menelan makanan tersebut. Jauhkan dari kucing Anda, kucing merupakan hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Terus berikan makanan yang bernutrisi secara cukup bagi kucing Anda. Makanan kucing persia banyak tersedia di supermarket. Teruslah mencari literasi bagi kesehatan kucing Anda.