Parenting

Perkembangan Janin Minggu Ke 10 sampai 12

Perkembangan Janin Minggu Ke 10 sampai 12

Pada tahap ini, bunda bisa saja masih mengalami kelelahan, suasana hati yang sering berubah-ubah, dan pusing.

Minggu kesepuluh untuk bayi

Minggu ini penting karena tahap perkembangan janin dimulai, dan masa depan bayi sekarang secara resmi disebut janin, dan bukan embrio. Semua organ dalam telah diletakkan, yang di masa depan hanya perlu tumbuh dan berkembang.

Janin saat ini terletak bebas di rongga rahim, tanpa menyentuh dindingnya. Di masa depan bayi, terjadi pembentukan sistem saraf yang intensif, transmisi impuls oleh jalur neuromuskuler semakin baik.

Proses ini mengarah pada gerakan yang intens. Gerakan semakin aktif dan disebabkan oleh kontak dengan dinding rahim. Janin sudah membuat gerakan kaki, kepala, dan lengan dengan cukup jelas. Namun kebanyakan wanita hamil biasanya belum bisa merasakan gerakan janin, tetapi terlihat jelas saat pemeriksaan USG.

Pada saat ini, diafragma akhirnya terbentuk, kemudian otot dirancang untuk memisahkan rongga perut dan dada. Perkembangan lebih lanjut dari organ dalam terjadi seperti usus, hati, jantung dan lain sebagainya.

Minggu kesepuluh untuk ibu hamil

Hamil 9-12 minggu bunda akan merasakan kecemasan yang meningkat, kemudian perubahan mood, ketidakstabilan emosional. Semua ini adalah konsekuensi dari perubahan hormonal yang sedang berlangsung.

Satu-satunya hal yang harus dipahami bahwa pemulihan keseimbangan akan segera terjadi, yang berarti kembalinya suasana hati yang stabil biasanya akan terjadi pada usia kandungan 12 minggu. Dimana nanti bunda bisa makan enak lagi dan lebih bertenaga.

Rasa mual semakin berkurang, dan muntah, biasanya berhenti sama sekali. Mual kebanyakan hanya di pagi hari.

Minggu kesebelas untuk bayi

Janin terus tumbuh secara intensif pada minggu kesebelas. Secara lahiriah, terlihat perubahan seperti kepala yang cukup besar, kaki kecil ditekan ke perut, batang tubuh kecil dan lengan panjang yang berkembang dengan baik.

Perkembangan yang tidak merata ini disebabkan oleh fakta bahwa sebagian besar nutrisi dan proporsi oksigen selama periode sebelumnya diterima oleh bagian atas tubuh, di mana terdapat organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Janin terus membentuk sendi dan tulang serta pertumbuhan otot. Tidak hanya persendian besar yang berkembang, tetapi juga persendian kecil. Di rahang, dasar-dasar gigi terbentuk, di jari – kuku.

Gerakan anak yang belum teratur menjadi semakin terarah. Suara keras dari luar dan gerakan tiba-tiba yang menyenggol perut mulai mendapat respons darinya. Refleks menggenggam dan menghisap berkembang ini bisa dilihat dengan gerakan jari dan bibir.

Pada tahap ini juga terjadi pembentukan iris mata, yang setelah lahir akan menentukan warnanya. Pada bayi baru lahir, dalam banyak kasus, matanya biru coklat sangat jarang. Warna terakhir iris dibentuk selama lima bulan. Itu tergantung pada pigmen melanin yang terakumulasi di iris.

Minggu kesebelas untuk ibu hamil

Saat ini, dalam banyak kasus muntah dan mual serta menghilang. Dengan demikian, seorang wanita mendapat kesempatan untuk membentuk pola makan lengkap dan mulai makan dengan produk sehat yang baik untuk perkembangan si bayi.

Minggu kedua belas untuk bayi

Minggu kedua belas mengakhiri trimester pertama kehamilan. Pada akhir periode ini, panjang janin 90 mm, dan beratnya sekitar 20 gram, banyak peristiwa penting terjadi dalam kehidupan janin.

Ia memiliki perkembangan otak yang intensif, pembentukan koneksi antara sumsum tulang belakang dan belahan otak. Bila anda melihat struktur otak, ia menyerupai versi lebih kecil dari otak orang dewasa.

Selama bulan-bulan pertama, hanya ada eritrosit dalam darah janin, tetapi pada minggu ke-12, leukosit, yang merupakan pelindung tubuh dan termasuk sistem kekebalan sudah lengkap terbentuk.

Saluran pencernaan juga berkembang. Hati, yang pada tahap ini merupakan organ yang paling berkembang dan menempati sebagian besar rongga perut, mulai memproduksi empedu.

Pada janin, ginjal mulai berfungsi, urin di dalamnya dikumpulkan dalam porsi kecil dan keluar melalui uretra, masuk ke cairan ketuban.

Pada minggu kedua belas, pembentukan plasenta selesai yang sudah bisa berfungsi secara mandiri.

Plasenta adalah organ terpenting bagi janin, melalui itu tidak hanya pertukaran nutrisi antara wanita dan janin yang terjadi. Plasenta adalah pelindung yang efektif melawan racun internal dan eksternal.