Kesehatan

Ciri-ciri Menstruasi Terlambat dan Penyebabnya Yang Wajib Diketahui

Ciri-ciri Menstruasi Terlambat dan Penyebabnya Yang Wajib Diketahui

Menstruasi terlambat memang menjadi salah satu kondisi dimana sering terjadi pada seorang wanita. Menstruasi merupakan salah satu siklus yang akan dilewati oleh wanita yang sudah mengalami pubertas dan berlangsung setiap satu bulan sekali. Dimana normalnya, siklus ini akan berlangsung setiap 21-35 hari sekali.

Walaupun demikian ada kondisi dimana seorang wanita tidak melewati masa menstruasi tersebut dalam rentang waktu diatas. Terlambat haid atau menstruasi memang menjadi kondisi yang wajar terutama siklus haid belum tentu datang secara tepat waktu. Dimana bisa lebih awal ataupun telat dari tanggal sebelumnya.

Kendati demikian, menstruasi terlambat bisa menjadi pertanda adanya kondisi atau penyakit tertentu yang sedang terjadi. Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan yang ada dibawah ini mengenai ciri-ciri serta penyebabnya.

Ciri-ciri Menstruasi Terlambat

Adapun ciri-cirinya juga sangat beragam tetapi yang paling umum terjadi adalah semua bisa mengalami PMS seperti datang bulan walaupun tidak mengalami namanya pendarahan. Berikut ini beberapa ciri menstruasi telat tersebut.

  1. Akan muncul jerawat di bagian wajah tertentu
  2. Perut akan terasa lebih kembung
  3. Payudara terasa nyeri atau bahkan lebih sensitive dari biasanya
  4. Mengalami sakit kepala
  5. Kram pada area perut bagian bawah maupun punggung,
  6. Lemas, lesu bahkan tidak bertenaga
  7. Nyeri pada pinggul

Apabila kondisi diatas masih berlangsung selama 3 hingga 6 bulan lebih, maka sebaiknya bisa melakukan konsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika anda sudah menunjukkan gejala sakit kepala parah, mual dan muntah, penglihatan mengalami penurunan hingga keluar cairan berwarna putih dari puting.

Penyebab Menstruasi Telat

Ada beberapa penyebab menstruasi terlambat yang perlu untuk anda ketahui dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Hamil

Penyebab paling umum haid telat yakni karena hamil. Cobalah mengingat-ingat kapan terakhir kali mengalami haid dan kapan melakukan hubungan suami istri dengan pasangan. Cobalah lebih memahami apakah terdapat gejala lainnya seperti timbulnya bercak cokelat, payudara terasa nyeri dan bengkak, mual hingga mudah lelah?

  1. Stress

Bukan hanya disebabkan karena kehamilan, ternyata kondisi telat haid juga dapat disebabkan karena stress. Sebab ketika tubuh stress akan memproduksi hormone kortisol dimana akan mempengaruhi bagian otak yang mempunyai peran mengatur mens yakni hipotalamus.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik Berat

Sering melakukan aktivitas fisik terlalu berat ternyata juga akan mengakibatkan siklus menstruasi mengalami telat. Sebab stress fisik dan pikiran akibat aktivitas fisik berlebihan ternyata akan langsung mempengaruhi produksi hormone estrogen maupun progesterone. Ketidakseimbangan hormone itulah yang menyebabkan siklus haid datang terlambat.

  1. Kenaikan dan Penurunan Berat Badan Drastis

Masih ada lagi penyebab lainnya haid datang terlambat yakni kenaikan maupun penurunan berat badan secara derastis. Ini bisa juga mengacaukan kerja hipotalamus yakni kelenjar dalam otak yang mempunyai fungsi mengatur berbagai macam proses didalam tubuh termasuk siklus menstruasi.

Menstruasi yang datang terlambat memang menjadi kondisi wajar terjadi pada setiap wanita. Namun apabila berlangsung secara terus-menerus maka wajib melakukan pemeriksaan kepada dokter. Ini buat mengatasi segera menstruasi terlambat tersebut.